Dek, Ini 20 Alasan Kamu Harus Memilih ASUS Zenfone 3 ZE552KL


Sudah berapa lama kamu tidak menghubungiku, dek? Dan tempo hari, katamu, kamu ingin membeli handphone baru yang pantas dan pas untuk membuat tertegun kimcil-kimcil di desamu yang katamu mulai sok dengan hape mereka yang instagramable. Cekrek sana, cekrek sini sambil pamer handphone. Maka kamu boleh tenang, dek. Sebab ASUS Zenfone 3 ZE552KL terbaru kemarin sudah dirilis dan siap membuat mereka inferior di depanmu. Tentulah mereka akan berpikir lebih matang lagi untuk lancang pamer handphone instagramable mereka. Kamu akan segera jadi suhu yang disegani, dek. Tenang dan buktikanlah.
Kalau ada dari mereka yang tanya, Handphone apa itu? Maka tersenyum sinislah. Lantas siapkan wajah paling ramah yang kamu punya, suruh dia duduk, dan katakan padanya. “Duduk manislah, tenangkan hatimu, siapkan memori otakmu dan ingatlah apa yang aku katakan”. Buat dia seheran mungkin, dek. Terkadang seseorang, apalagi perempuan, mudah sekali terhipnotis oleh mukaddimah-mukaddimah yang membuat penasaran.
Jika dia sudah duduk manis, katakan lagi kepadanya, “Mbak, ini handphone ASUS Zenfone 3 ZE552KL 5,5 inci. Saya punya 20 alasan yang harus mbak tahu. Mengapa demikian? Sebab spesifikasi dan fakta handphone yang ada di tangan mbak itu, masih kalah jauh dengan handphone ini. Aku jelaskan mbak, dengarkan!”
Lantas bacalah 20 Alasan ini, dek. Jelaskan satu persatu dengan lahjah dan makhorijul huruf yang benar. Sampaikan dengan tenang dan jelas. Ini alasannya, dek.

Pertama,  Tekhnologi Sensor
Dek, ASUS Zenfone 3 ini dibekali sensor yang luar biasa ciamik. Sensor yang dibekalkan dalam ponsel ini bekerja untuk memisahkan warna pixel dengan detail. Dan ini mesti kamu tahu, dek. Bahwa sensor Zenfone 3 ini menggunakan sensor Sony IMX298 yang terbukti kualitasnya dalam mengambil foto. Alasan pertama ini sesungguhnya sudah cukup untuk membuat mereka menunduk malu, dek.

Kedua, Resolusi Tinggi
Nah, kalau kamu memotrek banyak obyek. Dan lupa untuk memotret satu persatu. Kamu tak perlu khawatir, dek. Sebab Zenfone 3 ini dibekali dengan resolusi tinggi. Kalau butuh crop, crop saja. Gambar akan tetap baik sebab resolusi besar yang disematkan dalam ponsel ini.
Fitur ini juga sangat tepat kalau ingin mencetaknya. Gambar akan tetap terlihat jelas.
Dan yang lebih “ngeri” lagi, dek. Ponsel ini dibekali fitur pixel master yang membuat kamera 4x lebih baik dari standart yang ditambatkan. Jadi 16 megapixel yang disematkan, bisa jadi sekelas 64 megapixel.
Adakah yang membuatmu ragu dengan saranku kali ini, dek?
Dan masih ada 18 alasan lagi yang akan membuatmu tertegun.

Ketiga, Lensa
Dek, sampean tentu tahu kamera yang dibawa para potografer dalam perhelatan motogp atau sepakbola eropa biasanya yang berteropong besar itu. Nah, dek, itu namanya lensa. Kalau kamu lihat di google, hasil yang didapat pun luar biasa keren. Dan ASUS Zenfone 3 ini dibekali itu, dek. Lensa Largan. Maka tak heran, kualitasnya pasti akan luar biasa. Bekal Lensa Largan membuat lensa handphone ini bisa dibanggakan dari yang lain. Dengan lensa largan yang memiliki aparture f/2.0 yang menghasilkan tingkat sensivitas tinggi pada kondisi pencahayaan yang rendah. Jadi, dalam gelap pun gambar akan tetap jelas.
Nah, dengan aparture f/2.0 itu pula, dek. Aku dengar, hasil jepretan bisa lebih lebar. Jadi kalau misalnya ada acara keluarga dan berjubel. Kamu bisa tenang. Sebab Zenfone 3 bisa mengatasi itu dengan tekhnologi f/2.0 yang diusung.

Ke-empat, Image Stabilizer
Kalau kamu sedang mometret, dan gambar jadi blur, dek. Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan disebabkan gerakan saat ambil gambar dan image stabilizer kamera yang rendah. Betapa geramnya, dek. Jika sudah ambil gambar, ternyata gambar blur. Tapi tenanglah dek, Zenfone 3 in menjadi solusi yang pas, tepat dan akurat untuk menghindari foto blur ketika ada guncangan atau getaran.
Performa itu sebab adanya dukungan Optical Image Stabilizer 4 yang mampu mengurangi getaran sampai 8 arah. Jadi misal dalam keadaan genting, momen langka, cepret saja. InsyaAlloh, hasilnya akan tetap baik. Katakan bye-bye pada blur.

Kelima, Autofocus
Ini yang harus benar-benar kamu ketahui, dek. Ini salah satu kunci meluluh lantakan kesombongan kimcil-kimcil itu jika kamu membeli Zenfone 3 ZE552KL ini. Yaitu adanya tekhnologi TriTech Auto Focus. Inilah handphone pertama di dunia yang menggunakan fitur ini, dek. Maka apalah artinya handphone kimcil-kimcil itu dibanding handphonmu soal autofokus.
Tekhnologi itu bisa mendapatkan fokus obyek dengan kecepatan 0,03 detik. 10 kali lebih cepat dari kedipan manusia. Tri Tech (3 tekhnlogi) Auto Focus itu terdiri dari Laser Auto Fokus, Phase Detection Auto Focus, dan Continuos Auto Focus. Laser Auto Focus berfungsi mendeteksi obyek dengan cepat. Detection Auto Focus biasanya dipakai di kamera DSLR, dek. Maka pasti hasilnya ciamik. Dan Continuos Auto Focus berfungsi mengunci obyek gerak.
Lak ya keren toh, dek?

 Ke-enam, High Dynamic Range (HDR)
HDR yang diusung oleh Zenfone 3 ini ada 2, dek. Yang pertama real time HDR. Yang kedua HDR Pro. Real Time HDR berfungsi untuk mendapatkan gambar yang tetap berkualitas meski di tempat yang silau. Sebab biasanya, hasil tidak maksimalkan sebab kamera yang terkena silau cahaya. Sedang HDR Pro berfungsi untuk menambah cahaya lebih terang dalam gambar. Tidak tanggung-tanggung, dek. HDR Pro ini bisa meningkatkan kecerahan hingga 4x lipat.

Ketujuh, Real Tone Flash
Kalau sampean merasa flash warna putih terlalu mainstreim dan kadang tidak menghasilkan warna yang riil. Kamu bisa bahagia berlipat ganda dengan memiliki Zenfone 3 ini, dek. Bagaimana tidak, kamera handphone besutan ASUS ini mengusung dual-LED flash, yakni putih dan kuning, yang menjadikan obyek menjadi lebih tampak nyata dan riil.

Kedelapan, Fitur Manual Mode
Dek, kalau kamu mau beli DSLR untuk sekedar instagramable, agak kurang tepat rasanya untuk dilakukan. Sebab ada alternatif lain yang patut dipertimbangkan benar. Yakni membeli smartphone ASUS Zenfone 3 ZE552KL ini. Kenapa? Sebab seperti telah dijelaskan di atas, banyak kerja DSLR yang bisa disubtitusi dengan Zenfone 3. Apalagi smartphone ini juga mengusung manual mode yang pastinya bakal keren. Yah, meskipun tidak selengkap DSLR, setidaknya ada daya dukung fitur shutter speed, ISO, white balance, flash, dan lain-lain.
Bagaimana, sudahkah kamu mantab memilih, dek?
Sudah?
Sayangnya masih ada 12 alasan lagi yang bakal membuatmu semakin yakin bahwa ASUS Zenfone 3 ZE552KL ini sangat shohih untuk dipilih.

Kesembilan, Slow Speed
Ini salah satu yang akan kamu betah berkamera dengan Zenfone 3. Dengan ini, kamu bisa ambil gambar mobil lewat dan mobil itu bisa seolah jadi warna bercahaya yang indah sebab kecepatan yang mencapai 32 detik.

Kesepuluh, Low Light
Saya sadar dan tahu benar bahwa di desa, lampu tidak seterang di kota. Bukan pula lampu jalanan yang sungguh minim, tapi lampu rumah pun juga kadang remang-remang. Lampu 5 watt itu masih jadi idola. Dalam keadaan seperti itu, dek. Jiwa eksismu akan tetap hidup. Tak perduli remang atau terang. Zenfone 3 akan tetap membuat foto yang kamu ambil tetap berkualitas. Kenapa? Sebab dalam smartphone terdapat sistem low light yang membuat foto yang kamu ambil tetap terang, tanpa harus ribet ganti ganti setting. Bahkan lebih dari itu, dek. Bantuan cahaya satu lilin saja bisa melahirkan kualitas gambar yang jelas. Sebab sistem smartphone bisa secara meningkatkan cahaya hingga 400%.

Kesebelas, Layar
Resolusi layar Zenfone 3 ini juga ngeri lo, dek. Smartphone ini mengusung IPS FULL HD (1920 x  1080). Ini tentu dibutuhkan untuk melihat foto yang dihasilkan lebih detail.
Dan perihal layar ini pula, dek. Kalau smartphone pada umumnya layar tidak jelas ketika berada di bawah sinar matahari. Maka Zenfone 3 ini berbeda. Resolusi tinggi yang diusung membuat layar tetap jelas walaupun berada di bawah sinar matahari. Ini akan mengurangi kerepotanmu menutupi layar dengan tangan setelah jepret-jepret agar terlihat gambarnya. Ini tentu sangat membantu agar hunting foto di alam terbuka tidak tekendala layar yang tidak jelas untuk melihat hasil jepretan.

Keduabelas, Aplikasi Kamera
Play Store menyediakan banyak sekali app untuk edit foto. Tapi agaknya kamu lebih baik tidak usah download, dek. Sebab Zenfone 3 sudah menyediakan Pixel Master 3.0 yang bisa digunakan mengedit 20 ragam mode. Bukan hanya itu, Zenfone 3 ini juga bisa mengedit 11 foto tambil beda. Dan ini pamungkas buat kamu, dek. Aplikasi kamera sudah dibekali beautification yang pasti bakal bikin kamu girang bukan kepalang. Foto-foto bakal jadi acara yang riang gembira.

Ketigabelas, 4K Video Recording
Nah, dek. Setelah saya jelaskan panjang lebar soal kamera untuk foto. Agaknya tak afdhol kalau tak juga saya jelaskan tentang videonya.
Video Zenfone 3 sudah resolusi UHD (4K) yang luar biasa jernih.  Biasanya kualitas ini hanya ada di kamera yang berkelas. Kalaupun ada di smartphone, harganya pasti tidaklah murah. Sebab memang kualitasnya jernih benar. Nah kalau ada Zenfone 3 yang menyediakan beginian, betapa ruginya kalau tidak kamu sikat, dek.
Dek, kamu mesti tahu bahwa UHD itu 4x lebih baik daripada Full HD. Maka hasil yang didapat dari video zenfone 3 ini hampir seperti penglihatan manusia normal secara langsung. Bagaimana dek? Top toh?

Ke-empat belas, Stabilizer Video
Selain ada Optical Image Stabilizer. Zenfone 3 juga ditunjang dengan Electronic Image Stabilizer. Fungsinya hampir sama. Bedanya OIS untuk foto, sedang EIS untuk video. Prinsipnya sama, agar gambar yang diambil tetap berkualitas sekalipun ada gerakan. Ada 6 arah yang mendapat kompensasi gambar akan tetap terlihat baik ketika smartphone bergerak. Dan ini sudah sangat bagus untuk ukuran smartphone.

Baiklah dek. Agaknya ke-14 perihal kamera itu sudah cukup membuatmu yakin bahwa ASUS Zenfone 3 ZE552KL adalah pilihan paling tepat untuk menundukkan kepala kimcil-kimcil yang mulai sok di desamu. Lebih dari itu, kamu akan merasa nyaman dengan semua fitur yang diberikan untuk menunjang hobimu perihal fotografi. Dan ketahuileh, dek. Zenfone 3 ZE552KL ini memang didesain  #BuiltForPhotography.

Tapi tak lengkap rasanya untuk tidak memberi tahumu bahwa banyak keunggulan dan hal menarik lainnya perihal Zenfone 3 ini. Maka aku jelaskan pula kepadamu, dek. Jika perlu, tambahkan hal-hal ini pula kepada mereka. Siapa tahu mereka tertarik dan menjadi pengikutmu.

Kelima Belas, Desain
Ini point yang tak kalah penting dengan kamera, dek. Tampilan! Dan kamu patut berbahagia sebab desain Zenfone 3 ini benar-benar elegan dan mewah. Bagaimana tidak, dek. Handphone ini dilapisi Gorilla Glass dengan kaca 2.5D. Pada tepi handphone ini juga disematkan metal frame ukuran 6.16 mm dan 2.1 mm yang membuat desain Zenfone 3 ini makin ciamik.
Sedang untuk varian warna, ASUS Zenfone 3 ZE552KL ini menyediakan Moonlight White, Shimmer Gold, Aqua Blue, dan Sapphire Black.


Keenam Belas, Otak Pintar
Saya seringkali heran dengan perfomra smartphone masa kini yang makin performannya hampir menyaingi pc. Asus Zenfone 3 ini salah satunya. Prosesor yang digunakan saja Octa Core Snapdragon 625 2.0 GHz. Sedang untuk pengelola grafis yang sedang dan berat ditimpakan ke adreno 560. Kalau begini spesifikasinya, tentulah game macam apa saja tak akan menganggu performa. Kamu bisa dada-dada kepada lag wa ala alihi wa ashabih (Lag beserta keluarga dan teman-temannya).

Ketujuhbelas, Baterai
Bagi pengguna smartphone, baterai adalah salah satu momok paling menyebalkan yang pernah ada. Borosnya smartphone agaknya sudah pernah “dinikmati” oleh seluruh manusia penggenggam smartphone, android khususnya. Eits, tapi untuk ini, dek. Kamu bisa agak berbunga-bunga. Sebab baterai ASUS Zenfone 3 ZE552KL ini cukup bertenaga untuk diajak berlama-lama di luar rumah tanpa powerbank. Nah keterangan dari para reviewer, sekalipun produk sebelah memiliki spesifikasi lebih besar. Katanya itu sekedar spesifikasi. Faktanya, ASUS Zenfone 3 lebih bertahan lama dengan penggunaan yang sama.

Kedelapan Belas, 4G + 3G
Dari berbagai handphone di Indonesia, jarang ada smartphone yang menggunakan 4g + 3G secara bersamaan. Dan ASUS Zenfone 3 ini menjadi pelopornya. Jadi kamu tak perlu bingung ketika 4G habis, kamu tinggal pindah ke SIM 3G. Kecepatan keduanya tidak akan membuatmu naik darah karena harus menunggu berlama-lama dan bersabar.

Kesembilan belas, Audio.
Aku tentu paham benar bahwa kamu penikmat musik sejati. Dan menjadi keberuntunganmu, sebab ASUS Zenfone 3 ZE552KL ini mengusung desain audio untuk play musik yang mendukung. Penempatan 5 magnet chambers menjadikan suara di Zenfone 3 ini 40% lebih baik. Maka menikmati musik akan lebih terasa asik.
Eits, audio untuk telepon juga bakal lebih bersih dari suara bising yang menganggu. Tekhnologi NoiseZero menjadikan suara-suara latar yang bising teredam dan tidak menganggu komunikasi lewat telepon.

Kedua puluh, dek. ZenUI 3.0
Smartphone ini dibekali tampilan antarmuka terbaru. Yakni android 6.0 atau Marsmallow yang dipadukan dengan zenUI 3.0. yang pasti keren banget. Tampilan antarmuka tentu akan mendukung tampilan handphone yang memang sudah ciamik.

Nah, dek. Itu 20 alasan yang bisa kamu berikan kepada kimcil-kimcil itu. Tapi sesungguhnya bukan hanya itu, dek. Kamu punya banyak alasan lain yang jauh rasional dan lebih sehat untuk memilih Zenfone 3 ZE552KL ini. Sebab memang, inilah pilihan tepatmu, dan segeralah realisasikan.
Ini detail spesifikasinya, dek.

  • Finish/Color
    Glass finish : Sapphire Black/Moonlight White/Shimmer Gold
  • Dimensi
    152.59 x 77.38 x 7.69 mm
  • Berat
    155 g
  • Sistem Operasi
    Android™ 6.0 with brand-new ASUS ZenUI 3.0
  • Prosesor
    CPU:
    64-bit Qualcomm® Octa-Core ProcessorSnapdragon™ 625 @2.0Ghz
    GPU:
    Adreno™ 506
  • Display
    5.5-inch
    FHD(1920 x 1080) IPS display
    77.3% screen-to-body ratio
    600nits brightness
    Bluelight Filter for Eye Care
    Corning® Gorilla® Glass2.5D contoured
    2.5D Contoured Glass
    178˚wide-viewing angle
    Touch:
    10-finger capacitive touch
    Fingerprint and smudge-resistant oleophobic coating
    Support glove touch
  • Memori
    RAM 4GB LPDDR3
  • Capacity
    Internal Storage:
    eMCP 64GB
    Micro SD:
    Micro SD Card up to2 TB

    Google Drive: 100GB free space (2 years)
  • Baterai
    3000mAh (non-removable)
  • Audio
    Speaker:
    5 magnet speaker for up to 40% better performance
    ASUS SonicMaster 3.0
    Mic:
    Dual internal mic with ASUS NoiseZero Talk Technology
    FM Receiver:
    FM Radio
  • Video
    Take still photo while recording video
    4K video recording
    3-axis Electronic Image Stabilization for shake-free videos
  • Wireless Technology
    802.11b/g/n/ac

    Bluetooth V 4.2
    Wi-Fi direct
  • Navigation
    GPS/A-GPS/GLONASS/BDSS
  • SIM Cards
    Dual SIM card
    SIM 1: 2G/3G/4G Micro SIM Card
    SIM 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card
    Dual SIM Dual Standby
    Only use the nano SIM card or the microSD card at a time Both SIM card slots support 3G WCDMA/ 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 3G WCDMA/ 4G LTE service at a time.
  • Network Standard
    UMTS/WCDMA/TD-SCDMA/LTE/TDD-LTE/FDD-LTE
    Data Rate:
    HSPA+: UL 5.76 / DL 5.76 Mbps
    DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42 Mbps
    LTE Cat4:UL 50 / DL 150 Mbps (WW version)
    LTE Cat6:UL 50 / DL 300 Mbps (TW/JP/HK version)
    ID/IN/TH version:
    2G:
    850/900/1800/1900
    3G:
    WCDMA: Band: 1/5/8
    4G:
    FDD: Band: 1/3/5/8
    TD: Band: 40
    ASUS phone 4G/LTE band compatibility varies by region. Please check compatibility with local carriers If intending to use your ASUS phone outside the original purchase region.
    DL Cat.12/13, UL Cat.11 speed vary with the mobile operator and regions. 4G LTE is supported in specific countries/regions only.
  • Sensor
    Accelerator/E-Compass/Gyroscope/Proximity sensor/Hall sensor/Ambient light sensor/RGB sensor/IR sensor/Fingerprint
  • Port I/O
    USB Type-C 2.0
    3.5mm audio jack(1 Head phone / Mic-in)
  • Kamera
    Front:
    8MP Camera , f/2.0 aperture

    PixelMaster Camera Modes:
    Back Light (HDR) Mode
    Low Light Mode
    Real Time Beautification Mode
    GIF Animation Mode
    Panorama Selfie Mode

    Rear:
    16MP Camera, f/2.0 aperture, 6 P Largan lens

    Auto Focus
    0.03 second laser auto-focus
    32 second long exposure
    4-axis, 4 stops Optical Image Stabilization for steady photos
    Dual-LED real tone flash
    PixelMaster Camera Modes:
    Back Light (HDR) Mode
    Low Light Mode
    Manual Mode (for DSLR-like camera detail settings)
    Real Time Beautification Mode
    Super Resolution Mode (for up to 4X resolution photos)
    Night Mode
    Depth of Field Mode
    Photo Effect Mode
    Selfie Panorama
    GIF Animation Mode
    Panorama Selfie Mode
    Miniature Mode
    Time Rewind Mode
    Smart Remove Mode
    All Smiles Mode
    Slow Motion Mode
    Time Lapse Mode
  • Adaptor Daya
    Output:
    5 V 2 A 10 W
  • User Interface
    ASUS ZenUI 3.0

Komentar

  1. saya suka sama fitur slow speed.. jarang jarang smartphone saat ini ada fitur slowspeednya, hunting foto jadi lebih bersemangat dengan Zenfone 3 ZE552KL

    BalasHapus
  2. itu kalo gasalah yang ram4gb klo gasalah ya...
    srbenernya pengen punya asus itu,desainnya menarik dan warnany elegan 😆😍

    BalasHapus
  3. Kok mupeeeeng.. hahaha baru kali ini aku baca review Zenfone 3 yang asik begini. Serasa jadi adeknya hahahaha... Terus mupengnya karena performa dan kamera. Batrainya huhu... bisakah batrainya dijadiin 5000 aja kaya Zenfone Max? 4100 itu masih kuraaaaang... Secara performa ciamik. :( butuh dayaaa

    BalasHapus
  4. Adek jadi pengen... udah lama gak liat-liat spesifikasi smarphone.

    tapi emang kameranya udah kelas berat ya gan, kira-kira ada gak ya hasil tangkapan kameranya? (ada dong, di Google)

    makasih gan :)

    BalasHapus
  5. Wuiiihhh gede sekali sampai 16 mp, aku 8 mp aja udah lebih dari cukup kok......hehehe

    Klo saya simak dari atas, itu asus memang cocok buat gaming, itu resolusinya nyampe fhd, memang cocok buat gaming, film, apalagi untuk virtual reality 👍👍

    BalasHapus
  6. Saya juga baca dari beberapa akun twitter, memang untuk yg satu ini recommended banget khususnya untuk kameranya. Saya juga udah liat beberapa hasil fotonya pas diambil malam hari, hasilnya bener-bener terang (tapi tetap natural), saya sampai nggak nyangka, padahal kameranya baru f 2.0. Speknya juga mantep bener untuk dipakai sehari-hari ya.

    BalasHapus
  7. Wduhh jadi pengen punya HP Ini hehhee..
    Aku suka bgt maen game, Aku rasa HP Ini cocok buat maen game..


    Kameranya 16mp itu bagus bgt.
    Coba dulu pass belum putus sama mantan punya HP ini jadi bisa didokumentasiin :D

    BalasHapus
  8. luamayan bagus ya..
    saya sering rekomendasikan ke orang buat beli asus, tapi saya ngak pernah beli asus.. hehehe

    BalasHapus
  9. eh bagus nih hape.. kelahiran baru dari Zenfone. bentuknya paling beda sendiri dan gw suka soalnya dari zenfone awal keluar sampe sekarang BENTUKNYA SAMA YA TUHAN :')
    gw skrg pakai Asus ZE500KL, pengen move on ke Zenfone 3 deluxe hehe

    BalasHapus
  10. Aaaa gak ada duit wkwk. Sudah sejak lama saya pengen ganti HP. :(

    Makasih mas reviewnya menambah pengetahuan saya haha

    BalasHapus
  11. Wah hapenya manteb mas, adek jadi pengen tapi belum ada dana.

    Cocok buat yang suka poto-poto sama ngegame nih, tapi sayangnya aku gak suka poto-poto mas, cuma suka main game.

    Bener bagus nih produk dari ASUS, tapi selama ini baru punya yang asus C spek kelas bawah hihihi.

    BalasHapus
  12. hapenya manteb tuh, spesifikasinya oke punya...
    sayang kagak ada warna merahnya :v

    tertarik sih, cuman dananya belon ada sama nunggu sampe ada warna merahnya :v

    BalasHapus
  13. Meski saya bukan dedek gemes sperti yg km panggil, tapi penjelasan ini bs membuat saya tertegun...

    Ini asus makin lama makin menggila aja spek nya, ckck ini si bikin jatuh cinta namun entah kapan bs dimiliki... Hihi

    Btw, soaya naksir yg moonlight white nya :D

    BalasHapus
  14. reviewnya beda dari yang lain, ini punya khas dan karakter. rasanya seperti baca buku sastra mot haha..

    gue rasa pasti ini hape ada ajah lah kurang-kuraangnya apalagi kalau berhadapan dengan produknya Job.. hehe

    speknya luar biasa nih hape

    BalasHapus
  15. Addududuuuhhh.....
    Baca review ini bener-bener endeus. Asik bacanyaa!!
    Berasa jadi dedeknya Bang Moti yang diiming-imingi HP baru ini... trus abis diiming-imingi jadi pengen beli... *tanggung jawab lu Bang kalau abis ini aku bobol tabungan buat beli nih HP* #eh.

    Eh tapi aku bukan pecintanya Asus siih... aku sukanya produk yang lain...
    Maap baanng.... *dilempar batako* :p

    BalasHapus
  16. Lagi-lagi iklan Zenfone, perusahaan mereka tampaknya gencar banget ya promosinya. Tapi setelah diliat-liat spec nya, kayaknya gua masih lebih milih Nexus gua deh. Kalopun suatu hari si Nexus ini rusak, kayaknya gua bakal beli Xiaomi hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar