Penorama Keindahan Pantai Garut

"Kebersamaan luruh di waktu tak tepat. Kita terpisah ketika kita sadar bahwa sesungguhnya kita mesti bersama. Pantai ini menjadi saksi bahwa kita, meski dalam waktu yang singkat, pernah saling terpikat. Lantas terpisah, seakan semua tak pernah terjadi"

Dalam cerita fiksi, pantai adalah salah satu setting paling representatif untuk menciptakan multimoment. Di pantai, bahagia, sedih, kesal, bisa dituangkan. Cerita cinta bisa dibangun dalam suasana sunset nan indah. Ketika dua sejoli memilih menikmati pesan alam yang seolah memberi ruang untuk menyatu dalam rajutan cinta. Di matahari terbit, kekesalahan ditumpahkan bersama deburan ombak pagi yang menemani gemuruh perasaan.
Dan faktanya tidak sedikit cerita fiksi yang menggunakan latar belakang pantai. Dalam novel “Surat untuk Ruth misalnya, Bernard Batubara menggunakan satting pantai kuta untuk mempertemukan dua orang yang sama sekali tak saling kenal, lantas menuangkan cerita demi cerita asmara Ruth dan Are.
Dalam berbagai film, pantai juga sering mendapat tempat khusus. Eksotismenya membuat cerita seolah bertambah keindahnnya ketika pantai ikut ambil bagian. Dan salah satu kota di indonesia -dari berbgai kota yang ada- Garut adalah tempat indah untuk dinikamti keindahan pantainya.
Barnagkali pantai di Garut masih kalah pamor dengan laut selatan yang ada di Jogja dengan brand Nyi Roro Kidulnya. Tapi keindahan punya sense tersendiri. Dan pntai di Garut, sebagaimana keindahan pantai yang lain, punya sense yang berbeda untuk disesapi keindahannya.
Ada beberapa pantai di Garut yang bisa dikunjungi, jika takdirnya rumah sampean ada di Jawa Barat, atau yang takdirnya sedang disana atau sekedar melintas. Tak ada salahnya pantai ini sampean nikmati. Barangkali ada inspirasi besar yang berasal dari sana, atau, siapa yang tahu cerita asmara sampean berasal dari sana.
Saya tidak ingin membahas panjang lebar soal pantainya, sampean bisa menikmati sendiri tanpa ada kontaminasi informasi dari saya. Akan saya tunjukkan foto-fotonya yang akan meyakinkan sampean untuk menyempatkan waktu datang kesana.




Sentolo, Pamengpeuk, Garut









Pantai Rancabuaya








Pantai Karang Paranje


Di tempat lain, masih banyak eksotisme pantai Gaut yang tak kalah indah. Jika masih ada banyak waktu dan tidak punya keluarga, sampean bisa menginap di berbagai penginapan dan hotel ada di dekat pantai-pantai yang ada di sana.
So, jika ada kesempatan, datang dan nikmatilah. Selagi kesempatan masih ada. 


Note. semua sumber foto dari kutakayu.com dan panoramio.com

Komentar

  1. Mas, itu pantainya nyambung apa beda-beda tempatnya?
    Juah-jauh gak?
    Aku kira nanti bakal di review satu satu pantainya buat akses, penginapan, tiket masuk, hehe

    BalasHapus
  2. Wah cakep banget itu bang moti sunset pantai Sentolo, sumpah kece abis. Bersih pula pantainya. Duh jadi pengen ke pantai hahaha.

    Aku suka wisata pantai, enk adem, semilir. Di kotaku Lampung pantainya deket, jadi sering. Ke pantai tuh gampang menurutku gak perlu capek capek jalan kaki macem naik gunung, hehe.

    Bang coba di review satu satu, keunggulan jarak tempuh, biaya,cara kesana gitu gitu

    BalasHapus
  3. Setelah membaca secara tuntas, lead yg ditampilkan dlm postingan ini memberi kesan penasaran, sehingga saya tergugah untuk membaca sampai akhir. Ada penasaran, apa keistimewaan pantai.
    Di sini lah penulis mencoba mengulas tempat yg bernama pantai dg sudut pandang yg berbeda. Ini dibuktikan dg pernyataan, "mendapatkan inspirasi dari sana" atau bahkan "mendapatkan belahan asmara " di pantai. Sats... mantep dah mas moti...

    BalasHapus
  4. pantai memang latar tempat yang dramatis dan romantis banget mas. jadi nggak jarang novel sama film menggunakan latar tempat pantai sebagai setting dalam adegan apapun. aku juga pernah baca novel surat untuk ruth juga dan memang latar tempat pantai juga cocok sekali di novel tersebut.

    aku sudah pernah beberapa mengunjungi pantai, cuman pantai yang berada di ujung selatan pulau Jawa (soalnya paling deket) hehe. tapi ternyata Indonesia ini kaya sekali ya, bahkan di Garut sana pantainya keren seperti itu dan nggak kalah sepertinya dengan pantai Kuta yang ada di Bali.

    BalasHapus
  5. Sepertinya udah lama nggak ke pantai. Pantainya bagus-bagus sih, tapi kalo lihat postingan yang menyuguhkan keindahan pantai-pantai yang jauh dari tempat aku menetap, tetep kurang tertarik ke sana. Karena lebih baik ke pantai yang lebih deket, karena sama-sama punya keunggulan masing-masing.

    Kalo diberi kesempatan buat ke Garut, kemungkinan saya akan berkunjung ke salah satu pantai yang ada di postingan ini.

    BalasHapus
  6. pantaaaaaaai! aak jadi rindu pantai. pengen kepantai lagiii haha.

    setuju banget, pantai itu memang tempat bnyak momen. doain aku bisa ngunjungi Garut y bg, biar bsa nikmati salah satu atau smua pantainya :))
    makasi infonya.

    BalasHapus

Posting Komentar