Perubahan status ketenangan Yaman


Koran kompas hari Minggu 5 April 015 mempublikasikan pada kolom international yang bertema tragedi yaman dengan judul "Dari "Arabia Felix" ke "Perang Proxy".

Dengan judul demikian, tentu yang disorot adalah perubahan Yaman dari berbagai kurun waktu. Sebuah ulasan tentang sejarah dan perkembangan negara timur tengar satu satunya yang bersistem serikat itu. Yaman dikatakan sebagai sebuah negara yang lebih dulu maju dibanding dengan bangsa arab yang lain. Ketika negara lain masih dalam keadaan kehidupan yang nomaden, Yaman sudah menunjukkan perkembangan yang baik dengan menjadi warga perkotaan dengan kehidupan kosmopolitan. Dan kini, negara yang berada dijalur strategis jalur perdagangan dunia itu harus merasakan konflik sedemikian pelik.

Arabia felix atau dalam bahasa arab disebut sebagai al yaman as said yang berarti Yaman yang berbahagia. Dan keadaan tersebut kini berubah penuh. Yaman bergejolak. Sudah barang tentu kegelisahan menyelimuti penduduk-penduduk disana.

Tentu saja sangat disayangkan. Permasalahan-permasalah timur tengar seolah tidak ada habisnya. Dari satu negara, berpindah ke negara yang lain. Sangat pantas dicurigai jika sesungguhnya ada dalang dibalik berbagai konflik yang terjadi di kawasan timur tengah yang notabenenya adalah penghasil minyak dunia itu. Atau barangkali sudah tidak lagi menjadi rahasia –atau jika rahasia, barangkali adalah rahasia umum- jika ada pengintai dan peminat yang menahan air liur untuk memangsa sumber daya alam mayoritas bangsa arab. Jika tidak bisa terjadi hubungan bilateral, cara konflik barangkali adalah salah satu opsi yang bisa dipakai untuk mengeruk kekayaan.

Tentu sangat menguntungkan untuk menguasai Yaman, melihat wilayah antara yaman dan Djibouti adalah titik penentu jalur pasukan minyak mentah dunia dengan presentase 3,8 juta barrel perhari. Juga tentu saja dengan hasil minyak yang berlimpah seperti haknya bangsa arab pada umumnya.

Yang disayangkan dan ditakutkan adalah permasalahan tersebut akan menyeret pada intelekual muslim ikut menjadi korban. Dunia intelektual muslim dengan kriteria cerdas, arif, bijak dan berwibawa kini hampir kehabisan stok. Dan salah satu basis dari intelektual muslim dunia ada di sana. Banyak penghasil intelektual muslim di berbagai belahan dunia yang tercipta di sana. Jika hal tersebut benar-benar terjadi, maka ini adalah kabar duka yang menyakitkan hati muslim di seluruh dunia. 

Dan sayangnya kita hanya mampu menyayangkan dan berdoa semoga konflik tersebut segera berhenti dan keadaan menjadi pulih kembali. Semoga para kekasih Allah senantiasa dijaga dan terus dianugerahi kesejukkan hati yang menyejukkan umat islam di seluruh dunia, khususnya di daerah Yaman.


Amiin.

Wallahu A’lam.
Salam


Möti peacemaker

Komentar

  1. semoga konflik di Yaman dan negara2 Timur Tengah lainnya segera selesai.

    saya jujur gak mengikuti dan gak paham dengan masalah yang ada di Timur Tengah sana, jadi saya hanya bisa mendoakan saja semoga konflik segera selesai... :)

    BalasHapus
  2. Iya nih dari kemarin banyak konflik disana, kemarin gara-gara isis sekarang yaman lagi bergejolak. Apa mereka lagi rebutan ladang minyak?

    Semoga konflik disana cepet selesai , kasian para korban disana

    BalasHapus
  3. Kurang paham dengan konflik yang terjadi di Yaman. Tapi emang konflik di timur tengah hampir sering terjadi dan negaranya pun berpindah-pindah. Dan sepertinya memang ada dalang di balik semua konflik ini yang menginginkan kekayaan minyak mentah dari beberapa negara-negara timur tengah.

    Semoga konfliknya cepat selesai, dan semoga warga Yaman selalu dilindungi :))

    BalasHapus
  4. Sedih banget ngelihat negara-negara Islam di Timur Tengah banyak yang berkonflik. Suriah, irak, yaman, palestina dan sebagainya.
    Semoga konflik di negara Yaman dan negara-negara Islam yang berkonflik lainnya cepat selesai. Aamiin :D

    BalasHapus
  5. Kok kenapa gue ngerasa konflik di negeri Timur Tengah ini, gak ada ujung. Kemaren palestina, sekarang Yaman. Ya ALLAH, berilah kebenaran dan hidayah kepada mereka.

    Semoga warga Indonesia bisa selamat dan semoga badai cepat berlalu.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Semoga konflik di yaman bisa secepatnya terselesaikan,dan tidak menimbulkan masalah lagi sampe mengakibatkan perperangan dan bayak korban berjatuhan.

    dan semoga saja warga di sana dan khususnya WNI selalu di lindungi oleh Allah SWT.

    BalasHapus
  8. Sedih baca kabar saudara muslim kita yang terkena musibah di sana. :(
    Hanya bisa mendoakan semoga masalah ini cepat selesai dan kembali damai. Semoga saudara-saudara kita sesama umat muslim ini selalu dilindungi Allah SWT. Aamiiin..

    BalasHapus
  9. Sedih baca kabar saudara muslim kita yang terkena musibah di sana. :(
    Hanya bisa mendoakan semoga masalah ini cepat selesai dan kembali damai. Semoga saudara-saudara kita sesama umat muslim ini selalu dilindungi Allah SWT. Aamiiin..

    BalasHapus
  10. Persoalan penyerangan arab ke Yaman dibantu sama Israel. Akur ya sekarang. Hahaha..

    Tapi menurut gue sih yang selalu diuntungkan dari konflik timur tengah itu amerika. Tapi gak tau deh... Gak terlalu ngikutin juga.. :D

    BalasHapus
  11. astaga, semoga konfliknya cepet berhenti ya.
    dan semoga seluruh wwni disana selamat!

    BalasHapus

Posting Komentar