Terkikisnya Relasi Cinta


Aku belajar dari kematian hati untuk sebuah kesetiaan yang selama ini lebur dari denyut nadi kehidupan manusia. Seolah tak lagi ada tempat untuk sekedar sejenak bersemayam. Penikmat cinta yang buta makna dan rasa. Rasa yang harus digali dari anugerah yang tercurah. Pengagum cinta sejati dan kédamaian sedang meneteskan air mata untuk tumbangnya rasa setia.
Dimana relasi cinta untuk kesetiaan yang harusnya jadi raja dalam percaturan asmara. Tak ada makna cinta yang lebih indah dari kesetiaan yang erat tergenggam. Dan kesejukan yang akan dihadirkan. Apa makna cinta bagi penikmat semunya? Tak ada! Hamparan itu hanya kebohongan makna cinta yang terakit dari kebusukan.
Cinta tidak dibangun dari pondasi kesederhanaan. Kesungguhan dan tautan hati yang mesti terjalin seerat mungkin. Cinta sederhana adalah kebohongan. Kata-kata sederhana tak akan mewakili makna kesederhanaan yang akan tertuang. Sebab cinta tak pernah sederhana.
Siapa yang ternyata akan hadir membawa aroma wangi cinta? Waktu? Keadaan? Atau.... kita? Jawaban apapun sebenarnya tidak mewakili apapun juga. Sebab yang akan jadi penegak adalah fakta.
Mengapa setia mesti musnah dari desahan nafas pemain cinta? Aku benci penghianatan, mungkin sejak lahir. Tapi tidak untuk membenci siapa yang berkhianat. Hidup sedang buram sebab setia digilas oleh penghiantan, janji kosong. Janji yang terbakar waktu.
Esok hari, anak cucuku harus belajar mendalami cinta dengan sempurna. Jangan ada celah untuk berkhianat terhadap siapapun. Ayahnya pernah prihatin dengan hiruk pikuk penghianatan yang menjemukan. Dan ia harus menjadi benih baru yang membawa cahaya lebih terang.
Mungkin makna cinta harus segera dibenahi agar tak lagi muncul aroma-aroma busuk dari “kotak” keindahan cinta. Memaknai cinta lebih dalam dari cinta itu sendiri. Bahkan lebih dalam dari yang lebih dari cinta.
Salam

14 April 2014

Komentar

  1. Wah baca artikel ini dari kata perkatanya itu maknanya dalem banget. Pujangga ya sepertinya :) Great Article!!!

    BalasHapus
  2. :o kata-kata nya sangat dalem banget tentang makna relasi cinta, sungguh menawan bang motii, pantes jadi pencipta buku kata-kata nih bang :v

    BalasHapus
  3. Hmm,,, terkutuklah para penghianat cinta :)

    BalasHapus
  4. sebuah kotak pandora.. penuh tipuan.. seperti bukan esensi dari cinta itu sendiri

    BalasHapus
  5. Cinta menurut saya sederhana kok, dari suka jadi cinta. Yang bikin ribet itu keegoisan pelakunya.

    Diksinya bagus, meskipun agak membingungkan gimana percaturan cinta, apakah gak pake kuda tapi bentuk hati

    BalasHapus
  6. aaaaakkk.. Bang Moti pagi pagi udah mendayu-dayu tulisannya :|
    sampai sekarang vina nggak ngerti makna cinta itu apa :3
    apa sebuah rasa yang hanya dapat dirasakan tanpa terungkapkan :|

    BalasHapus
  7. Patah hati sakit, apalagi karena telah dikhianati. Aku pernah dan bisa berempati pada Moti.
    Aah, semoga ke depan anak cucu benar-benar bisa belajar dari kisahmu. Agar tak dikhianati apalagi mengkhianati.
    Hidup adalah pilihan, dan waktu kerap mengantarkan kita pada khianat.

    BalasHapus
  8. Dalem banget tulisannya. Iya nggak akan pernah habis kalo kita ngomongin cinta sih. Apalagi tentang maknanya.

    Cinta itu sederhana kok. Cuma rumitnya saat masalah-masalah udah masuk ke dalam suatu hubungan. Cinta pun diuji di sana. Pengkhianatan pun salah satunya. Aku pun benci sama yang namanya pengkhianatan. Ya, siapa juga yang mau cintanya dikhianati ya Mot...

    BalasHapus
  9. Wooow kata-katanya dalem banget bang motiii. Kereen. Smga aja cucu-cucu dan generasi penerus bangsa nnti bljr mendalami cinta yg sempurna. Tp sblm mereka, kita dri skrg jg hrs blm bgaimana cinta yg sempurna itu ;)

    BalasHapus
  10. Cinta itu tak pernah sederhana.
    Sederhana itu hanya untuk sesuatu yang cukup, sementara manusia tidak pernah merasakan cukup akan cinta.

    Tulisan khas lo yang emang keren !

    BalasHapus
  11. Jangan kau hianati cinta ini. karena aku tak suka penghianatan. usai sudah semuanya. hahaha aku nggak pernah ngerti kalau ada tulisan yang kayak gini. tapi kayanya sih maksudnya adalah kamu lagi di hianati gitu ya mot? iya kan?

    BalasHapus
  12. Kalau untuk yang satu ini, menurut saya cinta itu sederhana...

    BalasHapus
  13. apakah itu yang lebih dalam daripada cinta??? wiwwww, dalam sekali, seperti ada curhatan dari hati terdalam di dalamnya... I am wondering what happened with your life?? I start being so curious Moti...

    memangnya kamu pernah mengalami suatu pengkhianatan kah dalam hidupmy? family matter maybe? maapkan aku, aku kepo -.-

    tapi seperti biasanya, I love your writing, Mot!! keep writing, please... :)

    BalasHapus
  14. Aihhh kegagalan cinta, jangan sampai itu terulang ke anak kita. Tapi kadang kita harus gagal dulu untuk tahu apa itu cinta...

    BalasHapus
  15. Ohmegod! ngebahas cinta lagi? hehhehe
    tapi bener juga ya bang, pemaknaan cinta harusnya dibenahi sedini mungkin. kebanyakan orang kan sering menyalah artikan apa itu cinta. ya...meskipun kebanyakan adalah kawula muda.
    Semoga postingan ini bermanfaat ya bang!

    BalasHapus
  16. saya akan menjadi penggemar tulisan anda.. nice :) about love

    BalasHapus

Posting Komentar