Dari Catatan Menuju Petuah Dan Renungan


Banyak cara yang dilakukan oleh manusia untuk memberikan saran, petuah, menyampaikan sesuatu pada seseorang. Salah satu satunya lewat tulisan. Meski saya sendiri masih belum tahu, apakah cara ini adalah cara penyampaian paling banyak pakai dibanding cara lain atau tidak. Yang pasti, cara ini termasuk tergolong cara yang populer dipakai.
http://lh5.ggpht.com/l9hX-mVhhVH32h-nwHI1Id66a6BUfCsTCIj2lxNSRL8mUNoQQE9_U5O7Bm1MzEgH_faCDj2p6_Y3_FwdFV3N5e8PBukti dari banyaknya pengguna cara ini adalah banyaknya tulisan tentang berbagai hal yang turut serta meramaikan dunia internet. juga dari banyaknya buku yang beredar di Indonesia bahkan seluruh dunia.
Lalu apa yang di inginkan dari sebuah tulisan untuk para pembaca. Yang pasti adalah pengetahuan. Tulisan sebagai sarana shodaqoh ilmu.
Banyak hal dapat diambil dari manfaat tulisan. Dari sini perubahan besar individu manusia bahkan dunia bisa terjadi. Revolusi mungkin saja terjadi berawal dari rangkaian kata yang tertulis.
Menurut Harvey mackay, penulis buku swim with the sharks without Getting Eaten Alive!....Our lives change in two ways: through the people we meet and the books we read. "Hidup kita diubah hanya dua hal: lewat orang yang kita jumpai dan buku yang kita baca".
Betapa sebuah tulisan sangat perlu dilestarikan oleh manusia. keunggulan dari cara ini adalah tidak perlu memiliki punya mental besar untuk mengungkapkan apa yang ingin disampaikan. Cukup punya pikiran yang ingin disampaikan, rangkai, dan lepaskan menjadi bacaan.
Apapun tulisan yang dibuat, mau cerpen, Puisi, Novel, Curhat, Artikel, Observasi, atau apapun itu. Tidak ada masalah sama sekali.  Sebab keinginan pembaca itu berbeda-beda. Dan sebagai seorang penulis, kita hanya mencoba memberikan yang terbaik untuk para pembaca.
 Maka, mari menulis untuk sebuah hal yang bermanfaat. Untuk diri kita, manusia, semesta, dan untuk hidup.

Moti peacemaker
8 November 2012

Komentar

  1. Mosok koyo ngene rek,,,penting manfaat wes

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus yang nulis ini siapa hayo "Apapun tulisan yang dibuat, mau cerpen, Puisi, Novel, Curhat, Artikel, Observasi, atau apapun itu. Tidak ada masalah sama sekali. Sebab keinginan pembaca itu berbeda-beda. Dan sebagai seorang penulis, kita hanya mencoba memberikan yang terbaik untuk para pembaca."?? intinya penting gak penting yang penting nulis, toh kalo pembaca ngerasa gak penting pasti gak bakalan dibaca terusannya :)

      Hapus
    2. eheheheehehehehe,,bener bang
      intinya nulis aja

      Hapus
  2. Hidup kita diubah hanya dua hal: lewat orang yang kita jumpai dan buku yang kita baca

    Saya agak kurang setuju sama hal ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. eheheheehehehe..gak tau ya
      silahkan komplain sama yang merumuskan
      ehehehe

      Hapus
  3. benar sekali..tidak pelu punya mental yang kuat buat ngomong tentang apa yang kita pikirkan terhadap orang lain...cukup dengan menulis...kita bebas mengungkapkan apa yang kita rasakan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehehehehe
      he em
      soalnya dulu saya paling nerveous kalau disuruh ngomong sama orang

      Hapus
  4. Balasan
    1. eheheehehe..kayak iklan rokok aja

      Hapus
  5. Bener bnget, mlahan gue lebih enakan 'nulis' sms dri pda nlponan. Nyambung kan ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyambung kok...ehehehehee
      hemat juga :P

      Hapus
  6. gue juga lebih milih nulis sms dri pda nlponan. kdang'' tulisan, media utk mengatakn sesuatu yg ga bsa diucapkan oleh lidah kita *asyeeek

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiagagagagagaga
      bener bang
      tulisan jaadi sarana curhat juga :P

      Hapus
  7. Hidup kita diubah hanya dua hal: lewat orang yang kita jumpai dan buku yang kita baca.

    Memang benar kalimat yang diatas ... kayak koran , berita dijadiin tulisan buat koran,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan hanya sih sebenernya
      menurut saya

      Hapus
  8. marii.. kata bunda Helvy, hakikatnya menulis itu seperti bicara.. hanya saja, itu kau tulis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. eheheehehehee..kadang2 saya lebih nyamaan nulis..kadang juga seneng bicara
      tergantung keadaan sih

      Hapus
  9. suka kutipan ini Menurut Harvey mackay, penulis buku swim with the sharks without Getting Eaten Alive!....Our lives change in two ways: through the people we meet and the books we read. "Hidup kita diubah hanya dua hal: lewat orang yang kita jumpai dan buku yang kita baca". dan yang ini Maka, mari menulis untuk sebuah hal yang bermanfaat. Untuk diri kita, manusia, semesta, dan untuk hidup.

    bersyukurlah kita yang diberikan kemampuan lebih dari Allah SWT dalam menyampaikan manfaat dalam sebuah tulisan:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehehehe..pokoknya syukur jangan sampe ditinggal deh
      kasian kita sendiri

      Hapus
  10. waahh betul banget tuh, yang penting ayo menulis terus, kalimat terakhir itu memang agak sedikit susah diterapkan, nulis yg bermanfaat buat org kadang susah juga,,hhe :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling nggak, manfaat buat diri sendiri lah

      Hapus
  11. lek keinginan pembaca bedo2 berarti engko blog'e dadi blog gado2 koyo blogku... opo ae ditulis sing penting manfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. seng penting nulis lan niat manfaati lak wes zim

      Hapus

Posting Komentar